Joent Say:

Could you know my name? If i saw u in heaven

Rabu, 13 Juli 2011

Kabupaten Lahat

Kabupaten Lahat
Lambang Kabupaten Lahat
Lambang Kabupaten Lahat
Motto: Seganti Setungguan

Lokasi Sumatera Selatan Kabupaten Lahat.svg
Peta lokasi Kabupaten Lahat
Koordinat: 3,25° - 4,5° LS
102,37° - 103,45° BT
Provinsi Sumatera Selatan
Dasar hukum UU No. 22 Tahun 1948, UU No. 22 Tahun 1999
Tanggal -
Ibu kota Lahat
Pemerintahan
 - Bupati
 - DAU Rp. 425.542.398.000,- (2011)[1]
Luas 6.618,27 km2
Populasi
 - Total 530.977 jiwa (2004)
 - Kepadatan 80,23 jiwa/km2
Demografi
Kode area telepon 0731
Pembagian administratif
 - Kecamatan 19
 - Desa/kelurahan 527 (14 kelurahan, 509 desa definitif, 4 desa persiapan)
Situs web http://www.lahatkab.go.id/
Kabupaten Lahat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan.

[sunting] Batas wilayah

Utara Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Musi Rawas
Selatan Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Pagar Alam
Barat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu
Timur Kabupaten Muara Enim

[sunting] Pembagian administratif

Kabupaten Lahat dibagi menjadi 19 kecamatan dengan 527 kelurahan/desa (14 kelurahan, 509 desa definitif, 4 desa persiapan).
  1. Jarai
  2. Kikim Barat
  3. Kikim Selatan
  4. Kikim Tengah
  5. Kikim Timur
  6. Kota Agung
  7. Lahat
  8. Merapi
  9. Mulak Ulu
  10. Pajar Bulan
  11. Pasemah Air Keruh
  12. Pendopo
  13. Pulau Pinang
  14. Talang Padang
  15. Tanjung Sakti
  16. Ulu Musi

[sunting] Sejarah Lahat

Sekitar tahun 1830 pada masa kesultanan Palembang di Kabupaten Lahat telah ada marga, marga-marga ini terbentuk dari sumbai-sumbai dan suku-suku yang ada pada waktu itu seperti Lematang, Pasemahan, Lintang, Gumai, Tebing Tinggi dan Kikim. Marga merupakan pemerintahan bagi sumbai-sumbai dan suku-suku. Marga inilah merupakan cikal bakal adanya Pemerintah di Kabupaten Lahat.
Pada masa bangsa Inggris berkuasa di Indonesia, Marga tetap ada dan pada masa penjajahan Belanda sesuai dengan kepentingan Belanda di Indonesia pada waktu itu pemerintahan di Kabupaten Lahat dibagi dalam afdelling (Keresidenan) dan onder afdelling (kewedanan) dari 7 afdelling yang terdapat di Sumatera Selatan, di Kabupaten Lahat terdapat 2 (dua) afdelling yaitu afdelling Tebing Tinggi dengan 5 (lima) daerah onder afdelling dan afdelling Lematang Ulu, Lematang Ilir, Kikim serta Pasemahan dengan 4 onder afdelling. Dengan kata lain pada waktu itu di Kabupaten Lahat terdapat 2 keresidenan. Pada tanggal 20 Mei 1869 afdelling Lematang Ulu, Lematang Ilir,serta Pasemah beribu kota di Lahat dipimpin oleh PP Ducloux dan posisi marga pada saat itu sebagai bagian dari afdelling. Tanggal 20 Mei akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Lahat sesuai dengan Keputusan Gebernur Kepala Daerah Tingkat I Sumatera Selatan No. 008/SK/1998 tanggal 6 Januari 1988.
Masuknya tentara Jepang pada tahun 1942, afdelling yang dibentuk oleh Pemerintah Belanda diubah menjadi sidokan dengan pemimpin orang pribumi yang ditunjuk oleh pemerintah militer Jepang dengan nama Gunco dan Fuku Gunco. Kekalahan Jepang pada tentara sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 dan bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, maka Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan UU No. 22 Tahun 1948, Kepres No. 141 Tahun 1950, PP Pengganti UU No. 3 Tahun 1950 tanggal 14 Agustus 1950. Kabupaten Lahat dipimpin oleh R. Sukarta Marta Atmajaya, kemudian diganti oleh Surya Winata dan Amaludin dan dengan PP No. 1959 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II dalam Tingkat I provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Lahat resmi sebagai daerah Tingkat II hingga sekarang dan UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah dan diubah UU No. 32 Tahun 2004 menjadi Kabupaten Lahat.
Bukit Serelo terletak di Desa Perangai Kabupaten Lahat, Bukit Serelo merupakan landmark Kabupaten Lahat. Bukit Serelo disebut juga dengan Gunung Jempol karena bentuknya yang mirip dengan jempol tangan manusia. Pemandangan disekitar sangat mempesona, aliran Sungai Lematang seakan-akan mengelilingi bukit ini. Bukit Serelo merupakan bagian dari gugusan Bukit Barisan yang merupakan barisan bukit terpanjang di Pulau Sumatera.

[sunting] Pariwisata

Patung megalitik di jalan dari desa Pulauping ke desa Tinggihari (foto diambil di tahun 1933)

[sunting] Sekolah Gajah Perangai

Sekolah Gajah ini terletak di Desa Perangai Kabupaten Lahat, lokasinya di kaki Bukit Serelo. Gajah-gajah tersebut dilatih supaya jinak dan dapat membantu pekerjaan manusia seperti mengankut barang-barang dan kayu. Tempat ini merupakan salah satu penangkaran gajah di Indonesia.

[sunting] Sumber air panas Tanjung Sakti

Bila anda singgah di Kecamatan Tanjung Sakti, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi lokasi ini. Sumber Air Panas Tanjung Sakti dapat ditempuh dari Ibukota Kecamatan sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Karena letaknya berada dekat dengan pusat keramaian Kecamatan Tanjung Sakti.
Penduduk sekitar atau pengunjung yang datang, sering membuat telur rebus hanya dengan merendamnya sekitar 5 menit dan menyiapkan garam atau merica bubuk, telur siap disantap. Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa telur dari rumah, karena penduduk sekitar menjual telur dikarenakan adanya Sumber Air Panas ini. Letak Sumber Air Panas ini berada tepat dibawah jembatan yang setiap hari dilalui oleh masyarakat sekitar tepatnya di perbatasan antara simpang 3 dengan desa pagar bunga..selain itu masih ada juga tempat pemandian air panas lain d daerah tanjung sakti yang belum di ketahui oleh orang lain....

[sunting] Air terjun Lawang Agung

Salah satu potensi wisata yang berada di Kecamatan Mulak ulu ini layak untuk dikembangkan untuk menambah pendapatan daerah dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan utama, lokasi Air Terjun Lawang Agung dapat dicapai dengan menggunakan mobil. Kondisi jalan menuju lokasi sekitar 500 m, dengan kondisi jalannya menurun dan berbatu-batu kecil.
Pada saat perjalanan ke lokasi melewati sekolah SD dan kebun kopi. Di sekitar lokasi, terdapat jembatan gantung. Aktifitas yang dapat dilakukan dilokasi ini adalah berenang, mancing dan jala ikan.
Dengan melengkapi fasilitas dan sarana umum seperti lahan parkir dan perbaikan kondisi jalan menuju lokasi, diharapkan dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah dan penduduk sekitar.

[sunting] Rumah batu

Lokasi wisata Rumah Batu terletak sekitar 80 km dari kota Lahat, tepatnya di desa Kota Raya Lembak Kecamatan Pajar Bulan. Rumah Batu ini merupakan salah satu benda megalitik yang pada dindingnya terdapat lukisan kuno berupa makhluk-makhluk aneh.

[sunting] Batu macan

Batu macan yang terdapat di Kecamatan Pulau Pinang, Desa Pagar Alam Pagun ini sudah ada sejak zaman Majapahit pada abad 14. Batu macan ini merupakan simbol sebagai penjaga (terhadap perzinahan dan pertumpahan darah) dari 4 daerah, yaitu: Pagar Gunung, Gumai Ulu, Gumai Lembah dan Gumai Talang.
Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari penjaga situs setempat yakni Bapak Idrus, kisah adanya batu macan terkait dengan legenda si pahit lidah yang beredar di masyarakat. Pada waktu itu, si pahit lidah sedang berjemur di batu penarakan sumur tinggi. Pada saat sedang berjemur, si pahit lidah melihat seekor macan betina yang sering menggangu masyarakat desa, kemudian oleh si pahit lidah, macan tersebut di ingatkan agar tidak mengganggu masyarakat desa. Namun, macan tersebut tidak menuruti apa yang disampaikan oleh si pahit lidah. Padahal si pahit lidah sudah menasehati macan tersebut sampai tiga kali, sampai akhirnya si pahit lidah berucap “ai, dasar batu kau ni”. Akhirnya macan tersebut menjadi batu. Setelah diselidiki, ternyata macan tersebut adalah macan pezinah dan anak yang sedang diterkamnya adalah anak haram. Sedang macan yang ada di belakangnya adalah macan jantan yang hendak menerkam macan betina tersebut.
Apabila ada wanita disuatu desa diketahui berzinah, maka terdapat hal-hal yang harus dilakukan oleh si-wanita itu, yaitu: menyembelih kambing untuk membersihkan rumah, kemudian sebelum kambing tersebut dipotong, maka orang tersebut harus dikucilkan dari desa ke suatu daerah lain atau di pegunungan. Kemudian apabila wanita tersebut mengandung dan melahirkan, maka harus menyembelih kerbau. Setelah persyaratan tersebut dilakukan, maka wanita tersebut dapat diterima di masyarakat kembali.

[sunting] Air terjun Bidadari

Tidaklah mengherankan, mengapa Syuting Pembuatan Film “Si Pahit Lidah” yang terkenal itu mengambil setting di lokasi ini. Keindahan Air Terjun Bidadari memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain menyajikan keindahan alam yang alami, lokasinya pun tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Air Terjun Bidadari terletak di desa Karang Dalam Kecamatan Pulau Pinang kurang lebih 8 km dari kota Lahat.
Disekitar lokasi air tTerjun tersebut, ada 3 Air Terjun (Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan air terjun Naga) lagi yang dapat dinikmati dengan menyusuri aliran dari Air Terjun Bidadari.
Dengan dipandu penduduk sekitar yang sudah mengenal daerah tersebut, anda dapat menikmati keindahan ke 4 air terjun yang alami tersebut dan alam sekitarnya dengan menyusuri sepanjang aliran airnya.
Anda bisa memulai dari atas (air terjun Bidadari) sampai kebawah (Air Terjun Naga), atau sebaliknya. Pengalaman menyusuri air terjun tersebut akan menjadi pengalaman tambahan bagi anda yang senang berpetualang dan menyukai tantangan.

Bengkulu

Bengkulu
—  Provinsi  —
Lambang Bengkulu
Lambang
Peta lokasi Bengkulu
Negara  Indonesia
Ibu kota Kota Bengkulu
Koordinat 5º 40' - 2º 0' LS
100º 40' - 104º 0' BT
Pemerintahan
 - Gubernur Agusrin Maryono Najamuddin, S.T.
 - DAU Rp. 607.388.036.000,- (2011)[1]
Luas
 - Total 19.788,70 km2
Populasi (2010)
 - Total 1.713.393
 Kepadatan 86,6/km²
Demografi
 - Suku bangsa Jawa (22,31%)
Rejang (21,36%)
Serawai (17,87%)
Melayu Bengkulu (7,93%)
Lembak (4,95%)
Minangkabau (4,28%)
Sunda (3,01%)
Lain-lain (18,29%) [2]
 - Agama Islam
Kristen Protestan
Kristen Katolik
Hindu
Buddha
 - Bahasa Melayu Bengkulu
Rejang
Serawai
Pasemah
Kaur
Enggano
Indonesia
Zona waktu WIB
Kabupaten 8
Kota 1
Rumah tradisional Pusako Bubung Limo
Senjata tradisional Keris Bengkulu
Situs web www.bengkulu.go.id
Bengkulu (bahasa Belanda: Benkoelen atau Bengkulen, bahasa Inggris: Bencoolen, bahasa Malaysia: Bangkahulu) bagian barat daya pulau Sumatera adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatera Barat, di sebelah timur dengan Jambi dan Sumatera Selatan, sedangkan di sebelah selatan dengan Lampung.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Asal-usul nama

Bengkulu berasal dari bahasa Melayu-Jawi kata bang yang berarti "pesisir" dan kulon yang berarti "barat", kemudian terjadi pegeseran pengucapan bang berubah menjadi beng dan kulon menjadi kulu.
Pada saat Inggris berada di Bengkulu terjadi peristiwa gempa bumi besar yang diiringi Tsunami yang membuat wilayah geografis Bengkulu berubah. Hal itu terjadi pada sekitar tahun 1700-1800. Kejadian itu sampai membuat Benteng Malbourough selama beberapa tahun dikosongkan. [3]

[sunting] Sejarah

Di wilayah Bengkulu sekarang pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang. Di bawah Kesultanan Banten, mereka menjadi vazal.
Sebagian wilayah Bengkulu, juga pernah berada dibawah kekuasaan Kerajaan Inderapura semenjak abad ke-17.
British East India Company (EIC) sejak 1685 mendirikan pusat perdagangan lada Bencoolen/Coolen yang berasal dari bahasa inggris "Cut Land" yang berarti tanah patah wilayah ini adalah wilayah patahan gempa bumi yang paling aktif di dunia dan kemudian gudang penyimpanan di tempat yang sekarang menjadi Kota Bengkulu. Saat itu, ekspedisi EIC dipimpin oleh Ralph Ord dan William Cowley untuk mencari pengganti pusat perdagangan lada setelah Pelabuhan Banten jatuh ke tangan VOC, dan EIC dilarang berdagang di sana. Traktat dengan Kerajaan Selebar pada tanggal 12 Juli 1685 mengizinkan Inggris untuk mendirikan benteng dan berbagai gedung perdagangan. Benteng York didirikan tahun 1685 di sekitar muara Sungai Serut.
Sejak 1713, dibangun benteng Marlborough (selesai 1719) yang hingga sekarang masih tegak berdiri. Namun demikian, perusahaan ini lama kelamaan menyadari tempat itu tidak menguntungkan karena tidak bisa menghasilkan lada dalam jumlah mencukupi.
Sejak dilaksanakannya Perjanjian London pada tahun 1824, Bengkulu diserahkan ke Belanda, dengan imbalan Malaka sekaligus penegasan atas kepemilikan Tumasik/Singapura dan Pulau Belitung). Sejak perjanjian itu Bengkulu menjadi bagian dari Hindia Belanda.
Penemuan deposit emas di daerah Rejang Lebong pada paruh kedua abad ke-19 menjadikan tempat itu sebagai pusat penambangan emas hingga abad ke-20. Saat ini, kegiatan penambangan komersial telah dihentikan semenjak habisnya deposit.
Pada tahun 1930-an, Bengkulu menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Sukarno. Di masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi isterinya.
Setelah kemerdekaan Indonesia, Bengkulu menjadi keresidenan dalam provinsi Sumatera Selatan. Baru sejak tanggal 18 November 1968 ditingkatkan statusnya menjadi provinsi ke-26 (termuda sebelum Timor Timur).

[sunting] Seni dan budaya

Tiga wanita Belanda berpakaian sarong kebaya jalan-jalan di depan Fort Marlborough (awal abad ke-20).
Bengkulu memiliki kerajinan tradisional batik besurek, yakni kain batik yang dihiasi huruf-huruf Arab gundul.
Tarian tradisionalnya antara lain:
  • Tari Tombak Kerbau.
  • Tari Putri Gading Cempaka.
  • Tari Sekapur Sirih.
  • Tari Pukek.
  • Tari Andung
  • Tari Kejai.
Seni musiknya adalah:
  • Geritan, yaitu cerita sambil berlagu.
  • Serambeak, yang berupa patatah-petitih.
  • Andi-andi, yaitu seni sastra yang berupa nasihat.

[sunting] Obyek wisata

[sunting] Wisata alam

  1. Pantai Panjang
    Lokasi pantai Panjang sekitar 3 km dari kota Bengkulu. Sekitar 7 km panjang pantai dengan 50 meter lebar dari jalan raya. Banyak transportasi umum yang menuju ataupun pergi dari Pantai Panjang. Pohon Cemara yang rindang menghiasi sepanjang pantai. Hotel dan restoran juga banyak terdapat disana. Pantai ini juga memiliki fasilitas area parkir, kolam renang, cottage dan lainnya yang mendukung wisata disana.

  2. Pantai Pasir Putih
    Pantai ini terletak dekat pelabuhan samudra Pulau Baii. Jarak sekitar 19 km dari pusat koa Bengkulu. Kondisi jalan menuju kesana sangat baik. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat jenis apapun. Kondisi pantai sangat bersih dengan pasir pantainya yang putih dan pohon cemara yang tumbuh disekitarnya.

  3. Pulau Tikus
    Pulau ini terdiri dari satu pulau induk dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang mengitari dan dengan karang-karang yang indah. Pulau tikus sangat cocok untuk wisata laut. Pulau ini dapat dicapai sekitar 1 jam dari kota Bengkulu dengan menggunakan kapal boat.

  4. Danau Dendam Tak Sudah
    Danau ini dikelilingi oleh perbukitan kecil, dengan bukit barisan sebagai latar belakangnya. Jaraknya sekitar 8 km dari pusat kota Bengkulu. Anggrek air Vanda Hookeriana tumbuh sepanjang danau. Ketika musim bunga anggrek tersebut membuat danau menjadi indah dan lebih sejuk.

  5. Tapak Padri dan Pantai Jakat
    Terletak sangat dekat dengan benteng marlborough dengan pemandangan laut yang indah. Tapak Padri dataran yang cukup tinggi sehingga kita dapat melihat matahari terbenam. Masyarakat sering berkunjung ketempat ini pada sorehari untuk melihat sunset.

  6. Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura)
    Lokasinya sekitar 16 km dari pusat kota Bengkulu yang dapat dicapai oleh berbagai jenis kendaraan roda empat. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk area observasi dan temopat kemah dengan keadaan alam yang indah.

[sunting] Wisata budaya dan peninggalan sejarah

1. Benteng Marlborough
Benteng Marlborough dibangun oleh perusahaan india timur dibawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. The fort constitutes the strong fort, Benteng Marlborough berdiri mengahadap selatan dan memiliki luas 44,100 meter persegi. Benteng ini mempunyai bentuk bangunan abad 18, menyerupai kura-kura. Pintu utamanya dikelilingi parit yang luas dan dapat dilalui oleh jembatan. Menurut masyarakat sekiotar di benteng itu juga terdapat pintu keluar bawah tanah yang dulu digunakan pada waktu perang.
2. Rumah Pengasingan Bung Karno
Pada zaman koloni Belanda(1939-1942), Soekarno (Yang kemudian menjadi Presiden RI yang pertama) pernah diasingkan di Bengkulu. Selama dalam pengasingan Soekarno tinggal di rumah yang beralamat di Anggut Atas dan sekarang dikenal dengan jalan Soekarno-Hatta. Beberapa peralatan, sepeda, perpustakaan buku-buku, dan yang lainnya yang pernah dimiliki oleh soekarno disimpan di dalam rumah ini. Selama tinggal di Bengkulu, Soekarno mendesain masjid, yang sekarang dikenal dengan Masjid Jamik (Jamik Mosque).
3. Parr and Hamilton Monuments
Parr Monuments terletak di depan Pasar Barukoto diseberang benteng Marlborough, sedangkan Hamilton Monuments terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Monument ini dibangun oleh Inggris untuk memperingati kekalahan mereka di Bengkulu.
4. Museum Provinsi Bengkulu
Museum Bengkulu terletak di bagian selatan dari jalan utama kota Bengkulu, yaitu di jalan Pembangunan. Disini kita dapat melihat berbagai macam benda benda bersejarah. dan juga baju batik buatan Bengkulu yang dinamakan kain Besurek.
5. Rejang Lebong
Air Panas dan Air Terjun Suban. Terletak 6 km dari Curup yang dihubungkan oleh jalan aspal dan terdapat air panas serta dua air terjun. oleh pemerintah dibangun berbagai macam fasilitas umum untuk menunjang pariwisata di sana.
6. Danau Pematang
Terletak 16 km dari Curup dan dapat dicapai dengan mudah dengan transportasi umum. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan. Bukit Kabal Terletak 19 km dari Curup dengan jalan aspal yang menghubungkannya. Dengan tinggi sekitar 1,936 m diatas permukaan laut dengan keindahan alam yang menakjubkan.
7. Danau Tes
Terletak 51 km dari Curup di Kecamatan Lebong Selatan, Danau ini adalah danu terbesar di provinsi Bengkulu dengan jarak 3 km. dan digunakan juga sebagai pembangkit listrik tenaga air. Tempat ini juga biasanya sebagai tempat peristirahatan bagi turis untuk melihat panorama yang indah dan matahari terbenam.
8. Kolam Renang Tabarena
Terletak 4 km dari Curup yang dihubungkan oleh jalan aspal. Tabarena adalah kolam renang alam yang berada di sungai dengan airnya yang bersih dan dingin.
9. Air Terjun Kepala Curup
Terletak 29 km dari Curup dengan tinggi 100 meter dengan airnya yang segar dan sering dikunjungi oleh wisatawan.
10. Sungai Air Putih
Terletak di Tambang Sawah, sekitar 15 km dari Muara Aman atau 80 km dari Curup, sungainya terdiri dari air panas dan air dingin.
11. Makam Sentot Alibasyah
Terletak di Desa Bajak, Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu. Sentot Alibasyah merupakan salah satu Panglima Pangeran Dipenegoro yang dikirim ke Bonjol sewaktu Perang Padri.

[sunting] Obyek wisata andalan

1. Bunga Raflessia Arnoldy
Semasa Pemerintahan Inggris, Bunga ini ditemukan pertamakali oleh Sir Thomas Raffles dan Dr. Arnoldy di Dusun Lubuk Tapi pada tahun 1818. Bunga ini adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm. Bunga ini membutuhkan 6 sampai 8 bulan untuk tumbuh dan 15 hari setelah itu untuk berbunga. Keunikan dari bunga ini adalah tidak adanya akar, daun dan batang. Tumbuhan ini termasuk parasit kerena tidak adanya klorofil dan haustoria. Bunga ini sering tumbuh dan ditemukan di Taba Penanjung I dan Taba Penanjung III (Bengkulu Tengah), daerah di wilayah kabupaten Kepahiang, dan daerah di wilayah kabupaten Rejang Lebong.
2. Bunga Kibut (Amorphopalus Titanuum)
Bunga ini sangat menarik dan cantik. Tidak memiliki batang dengan tetapi memiliki bunga yang tinggi sekitar 3 m dan kuat. Bunga ini tumbuh di sekitar Rejang Lebong mengelilingi Kepahiang, Bengkulu Utara, and Bengkulu Selatan.
3. Anggrek air Vanda Hookeriana
Berdasarkan ahli tanaman yang datang ke Bengkulu, anggrek air inihjanya terdapat di Danau Dendam Tak Sudah yang terletak sekitar 5 km dari kota Bengkulu. Beberapa macam anggrek liar dan alami lainnya dapat pula ditemukan di provinsi Bengkulu.
4. Berbagai macam kekayaan hutan yang dapat ditemukan di Bengkulu seperti Kayu Medang, Meranti, Rattan, Damar. Tanaman lainnya yang dibudidayakan oleh masyarakat adalah Minyak sawit, getah karet, kopi, durians, jeruk, sayuran ,dan lainnya.
5. Fauna : Beberapa macam hewan seperti macan, kijang, gajah, monyet, rangkong adalah hewan yang menempati hutan di provinsi Bengkulu.
6. Upacara Tabot
Tabot adalah upacara tradisional tentang kepahlawanan Hasan dan Husen, Mereka Mati dalam peperangan melawan orang-orang Yazid. Perayaan pertama kali dilaksanakan oleh Syeh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada tahun 1685. Syeh Burhanuddin (Imam Senggolo) Menikah dengan wanita Bengkulu kemudian anak mereka, cucu mereka dan keturunan mereka disebut sebagai keluarga Tabot. upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 muharram (berdasar kalendar islam)setiap tahun.
7. Upacara Lainnya yang mengiringi Tabot
Upacara Mengambil Tanah, dilakukan dari 1 sampai 4 Muharram. Duduk Penjah, 5 Muharram. Menjara, 5 sampai 6 of Muharram. Anak Jari-Jari dan Sorban, 7 sampai 8 Muharram. Arak Gedang, 9 Muharram. Pembuangan Tabot, 10 Muharram.
8. Taman Laut
Taman ini terletak sekitar pulau Enggano.
9. Taman Nasional
Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Terletak di Kecamatan Seblat sekitar 100 km dari kota Bengkulu. Taman Nasional lainnya terletak di Selatan Kaur, 80 km dari Manna. Taman ini merupakan bagian dari Taman Nasional Sumatera Selatan(TNSS I). Berbagai macam hewan dapat dijumpai di sana.
10. Taman Berburu
Gunung Nanu'ua, hutan yang masih alami yang terletak di pulau Enggano.Hewan yang dapat diburu adalah : banteng liar, bore (babi liar), kijang, monyet, dan beberapa lainnya. Semidang Bukit Kaba, terletak di Taba Penanjung dengan luas area 15,300 ha.
11. Elephant Training Center (ETC) di Seblat
Terletak di sebelah sungai Seblat, Putri Hijau, Bengkulu utara. Tempat latihan ini adalah salah satu dari tempat latihan yang ada di Indonesia(Way Kambas ETC, Lampung; Lhokseumawe ETC, Aceh; Sebangau ETC, Riau; Sebokor ETC, Sumatera Selatan). Untuk mencapai kesini dapat menggunakan kendaraan roda empat. terletak 132 km dari Bengkulu atau sekitar 3 jam perjalanan. Kita dapat melalui : Simpang Air Muring ke Desa Suka Maju, kemudian berjalan kaki sekitar 5 km. Dan Simpang Desa, Kota Bani, Suka Merindu, dan Suka Baru. Sayang sekali, jalur ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

[sunting] Daftar Kabupaten

No. Kabupaten/Kota Ibu kota
1 Kabupaten Bengkulu Selatan Kota Manna
2 Kabupaten Bengkulu Tengah Karang Tinggi
3 Kabupaten Bengkulu Utara Arga Makmur
4 Kabupaten Kaur Bintuhan
5 Kabupaten Kepahiang Kepahiang
6 Kabupaten Lebong Muara Aman
7 Kabupaten Mukomuko Mukomuko
8 Kabupaten Rejang Lebong Curup
9 Kabupaten Seluma Tais
10 Kota Bengkulu -

[sunting] Daftar gubernur

No. Foto Nama Dari Sampai Keterangan
1.
Ali Amin 1968 1974  
2. 015 edited.jpg Abdul Chalik 1974 1979  
3.
Suprapto 1979 1989  
4.
H. A. Razie Yahya 1989 1994  
5.
Adjis Ahmad 1994 1999  
6.
Hasan Zen 1999 29 November 2005  
7. Agusrin-maryono najamudin.gif Agusrin Maryono Najamuddin 29 November 2005 11 Agustus 2015 Menjabat selama dua periode

Sabtu, 09 Juli 2011

Data Siswa SMA Negeri 2 Lahat TA 2010/2011

Sekolah SMAN 2 LAHAT
10601348

Ringkasan Jenis Kelamin Siswa
Laki-laki 331
Perempuan 525
TOTAL SISWA * 856

telah terdaftar di
SMAN 2 LAHAT
10601348
Ringkasan Jenis Kelamin Pendidik
Laki-laki 0
Perempuan 0
TOTAL PENDIDIK * 0
Keterangan *
Total = jumlah siswa/guru aktif ditambah jumlah siswa/guru yang sedang dalam proses mutasi.
Detail Sekolah
NPSN 10601348
Jenjang Sekolah Menengah Atas
Status Negeri Dibawah Diknas
Kecamatan Lahat
Kelurahan Bandar Jaya
Alamat Jl. Jaksa Agung R. Suprapto
Nama Kepala Sekolah
NIP/NIK Kepala Sekolah
No. NISN Nama Kelamin Tingkat
1 9927150451 ACHMAD NOPAL Laki-laki 12
2 9937612352 ADDE YOGA SUSANTO Laki-laki 12
3 9937612219 ADELIA PUTRI ANGGRAINI Perempuan 12
4 9926893397 AGA PRASTAYANI Perempuan 12
5 9937612145 AGUNG ARI SAPUTRA Laki-laki 12
6 9948450895 AGYL ADREAN PANGGAR BESSY Laki-laki 12
7 9937612353 AHMAD DESRAYEN Laki-laki 12
8 9948450785 AHMAD LUPITO Laki-laki 12
9 9936758098 ALEN FITRIA Perempuan 12
10 9944870697 ALFIANTO Laki-laki 12
11 9937612129 ALI INDRA PRATAMA Laki-laki 12
12 9936970270 AMELIA ANA SARI Perempuan 12
13 9936970332 AMELIA SORAYA Perempuan 12
14 9937612188 ANANG JULIYANSYAH Laki-laki 12
15 9937090075 ANDES KETY PUJIASTUTI Perempuan 12
16 9927150943 ANDI SAPUTRA Laki-laki 12
17 9935394830 ANDIKA ARI SAPUTRA Laki-laki 12
18 9937612373 ANDINI PRASTICA Perempuan 12
19 9937612170 ANDRE TRI INTARTO Laki-laki 12
20 9937612316 ANDREY KRISNATA Laki-laki 12
21 9937612165 ANGGI ADILTA WIJAYA Laki-laki 12
22 9937612245 ANGGI SANTOSA Laki-laki 12
23 9926533344 APRI YANSAH Laki-laki 12
24 9936970303 ARES SUSANTO Laki-laki 12
25 9948450195 ARGA DITA MENTARI Perempuan 12
26 9926533598 ARISA Perempuan 12
27 9948450905 ARIYANTO Laki-laki 12
28 9947691096 ARORA MASYITO GUCI Perempuan 12
29 9937612358 ASTIANA Perempuan 12
30 9937612126 AYU KARINA Perempuan 12
31 9947471069 AYU PERMATA JANAHTI BANGSA Perempuan 12
32 9926533755 AYU PURNAMASARI Perempuan 12
33 9936970269 AYU WULANSARI Perempuan 12
34 9937612169 AYUNIA PUTRI Perempuan 12
35 9936758050 Annisa Violanda Perempuan 12
36 9936758071 BENNY ADY PUTRA Laki-laki 12
37 9947691398 BENY PRATAMA PUTRA Laki-laki 12
38 9937612102 BERRY PERMANA Laki-laki 12
39 9992188008 BETTY HOTMA ULI SINAGA Perempuan 12
40 9927073235 CANDRI Laki-laki 12
41 9937612134 CAROLIN ISMAINI.I Perempuan 12
42 9937612183 CHARLES ADMAJAYA Laki-laki 12
43 9937612200 CHARLY ANGGRAINI Perempuan 12
44 9937612368 CHRISTIANA FIRJINIA YOLANDA Perempuan 12
45 9937612119 CHRISTIN ARIESTA LBN GAOL Perempuan 12
46 9936970130 CICI RAHMA PUTRI Perempuan 12
47 9937612197 CIK AHMAD BERRY WAHYUDI CR Laki-laki 12
48 9926635325 CITRA KRISTIAH Perempuan 12
49 9947691135 CLARA ARLADIKA Perempuan 12
50 9936970361 DANI OKTARIANSYAH Laki-laki 12
51 9948450829 DAYAN APRIANSYAH Laki-laki 12
52 9936970224 DEA ANGGRIANI Perempuan 12
53 9937612342 DEBI SUPRIANTI Perempuan 12
54 9948450974 DEKI AGUS SAPUTRA Laki-laki 12
55 9947691469 DENI ANIKA Perempuan 12
56 9947691193 DEPRIANTI Perempuan 12
57 9937611507 DESI MAISYAROH Perempuan 12
58 9937612190 DESI YUNIATI Perempuan 12
59 9936970387 DEWI FAUZIAH Perempuan 12
60 9936970391 DEWI RATNA SARI Perempuan 12
61 9936970375 DEWI SARTIKA Perempuan 12
62 9936970105 DEWI SINTA HANDARIA SARI Perempuan 12
63 9938557348 DEWI TRISKA Perempuan 12
64 9927150941 DIAH WASRI Perempuan 12
65 9947691372 DIAN NOVIYANTI Perempuan 12
66 9936970360 DIAN PRATAMA Laki-laki 12
67 9936758152 DIANA PURNAMA SARI Perempuan 12
68 9937612261 DIDI LESTARI PUTRI BESMA Perempuan 12
69 9937612138 DIKE HANDOYO Laki-laki 12
70 9937612133 DINA ANGGRENI Perempuan 12
71 9937612069 DISMALA ANGGRAINI Perempuan 12
72 9936970262 DONNY WAHYUDI Laki-laki 12
73 9937612344 DWI HARTANTO Laki-laki 12
74 9948450960 DWI NURLIANI Perempuan 12
75 9936970225 DWI SAHARAH Perempuan 12
76 9937612235 Dewi Vusvasari Perempuan 12
77 9947836067 Diana Damayanti Perempuan 12
78 9948992593 EKA KHAIRUNISAH MARINI Perempuan 12
79 9927150915 EKA LASTRI Perempuan 12
80 9937533872 EKA OKTAPRIYANI Perempuan 12
81 9937612346 EKKY ANJAS MIRHANSYAH Laki-laki 12
82 9937612241 ELAN SETIONO Laki-laki 12
83 9934933300 ELGA AFRIZENDA PUTRI Perempuan 12
84 9937612080 ELIKA PUTRI Perempuan 12
85 9948450763 ELISKA DWI KLARA Perempuan 12
86 9938557368 ELTA KAROLINA Perempuan 12
87 9936970281 ELVY PUSPITASARI Perempuan 12
88 9936970305 ELY RUMIATI Perempuan 12
89 9937612112 ENDAH SETYOWATI Perempuan 12
90 9937612083 ERLANGGA SAPUTRA Laki-laki 12
91 9926533715 ERMA SURIANI Perempuan 12
92 9937612166 ERNANDO MANDA FUTRA Laki-laki 12
93 9936970108 ERPI YULIANI Perempuan 12
94 9948450759 ESTER NAINGGOLAN Perempuan 12
95 9930567955 ETRY ALFION Laki-laki 12
96 9948450747 EVI TRIA NING TIYAS Perempuan 12
97 9938296025 FAJAR CAHYATIANA Perempuan 12
98 9937474275 FAKHRY MUCHTAR FAWWAZ Laki-laki 12
99 9926458683 FEBBY EMILSYAH PUTRA Laki-laki 12
100 9937612086 FEBBY HEVAQUARI Perempuan 12
101 9940061128 FEBRI LISTARI Laki-laki 12
102 9948450769 FEBRI WALANDA Laki-laki 12
103 9936792074 FEBRI WULANDARI Perempuan 12
104 9937612204 FEBRIAN RISWANDI Laki-laki 12
105 9948450768 FEBRIANSYAH PUTRA Laki-laki 12
106 9936758261 FENI SRI ASTUTI Perempuan 12
107 9927150903 FERDI OKTARIANSYAH Laki-laki 12
108 9937612308 FERLIANNA BR SARAGIH Perempuan 12
109 9938132260 FERY ARIYANTO Laki-laki 12
110 9937612264 FIKANIA MUSTOFA Perempuan 12
111 9990505557 FITI MARIANI Perempuan 12
112 9940522241 FITRI RAMAYANTI Perempuan 12
113 9936770833 FRAN SINARTA Laki-laki 12
114 9947691402 GALIH RIKSA BRIANTE Laki-laki 12
115 9948450793 GRISTINA MAYANG SARI Perempuan 12
116 9938557360 GUSTIA SARI Perempuan 12
117 9937612120 HARDIKA DEWI Perempuan 12
118 9936970317 HARTA HAZILA Perempuan 12
119 9937079505 HARTITA AGUSTINA Perempuan 12
120 9936970321 HELEN ELTINA Perempuan 12
121 9937612122 HELPA MUTHIA LARASATI Perempuan 12
122 9937612510 HENDRIK MANDALA PUTRA Laki-laki 12
123 9938311528 HEPA APRILAH Perempuan 12
124 9927150932 HERIANSYAH Laki-laki 12
125 9937612210 HERLIKA ANGGRIANI Perempuan 12
126 9927150936 HERMANTO Laki-laki 12
127 9937612180 HERRY NUR MUJAHID Laki-laki 12
128 9928277512 HIDAYAT Laki-laki 12
129 9948450749 HISAM KHUSNUSON Laki-laki 12
130 9926373854 HUGARA GRANASEPA AS Laki-laki 12
131 9927798263 ICA NOPITASARI Perempuan 12
132 9948975313 ICI DAMAYANTI Perempuan 12
133 9936970363 IIS SUBIARTI Perempuan 12
134 9936970234 IIS SULASTRI Perempuan 12
135 9905711693 IMRON Laki-laki 12
136 9926533734 INDAH MURDANI Laki-laki 12
137 9948450997 INDAH PURNAMA LUKITASARI Perempuan 12
138 9937612109 INDAH WULANDARI Perempuan 12
139 9930381656 IRNA MONIKA Perempuan 12
140 9937873711 JAKA EPRAJA Laki-laki 12
141 9937612217 JEFRY LEO SANDY Laki-laki 12
142 9937079763 JEMY SAPUTRA Laki-laki 12
143 9948450875 JESI MEI PRADIPTA Perempuan 12
144 9947439411 JHAKA PRATAMA Laki-laki 12
145 9915995394 JULIMANSYAH Laki-laki 12
146 9968310983 JUNI HARSELA Laki-laki 12
147 9947691451 JUNTARA Laki-laki 12
148 9937612278 KHOIRUL ABROR Laki-laki 12
149 9937612158 KIKI INDAH SARI PUTRI Perempuan 12
150 9937612336 KIKI NOVIA SAGITA Perempuan 12
151 9947691503 KIKI ULFA Perempuan 12
152 9937079496 LADIA YULIANI Perempuan 12
153 9937612230 LATIFAH KAUSARI Perempuan 12
154 9937892815 LENRO MEDIANSYAH Laki-laki 12
155 9937612193 LEO ALDI Laki-laki 12
156 9927150937 LEO NURTANEO Laki-laki 12
157 9937534124 LIA AFRIANI Perempuan 12
158 9938112114 LIA ARSWIN APRIYANI Perempuan 12
159 9948450872 LIA MEILINDA Perempuan 12
160 9935492663 LIA NOVITASARI Perempuan 12
161 9936970311 LIDYA CHANDRA Perempuan 12
162 9936970261 LIDYA SHOPA Perempuan 12
163 9926533724 LILIS SRYANTI Perempuan 12
164 9915812229 LINDA HARIANI Perempuan 12
165 9937612094 LISA GRESNA BAHTRA SILALAHI Perempuan 12
166 9947439443 LISKI LESTARI Perempuan 12
167 9937612116 LUBANDRI APRINO Laki-laki 12
168 9937612239 LUCKITA THERESIA Perempuan 12
169 9947691617 LUSI APRILIA Perempuan 12
170 9948450739 M. ANGGA MARTIAS SYAHPUTRA Laki-laki 12
171 9938112094 M. DICKY RANDANI JULIAN SYAPUTRA Laki-laki 12
172 9936970243 M. FERRY SUMARLIN Laki-laki 12
173 9948450762 M. FIRDIANSYAH Laki-laki 12
174 9920680935 M. MUSTAKIM Laki-laki 12
175 9938818738 M. REZA CHOLIK A Laki-laki 12
176 9938311521 M. RIZKI APRIZAL Laki-laki 12
177 9936970051 M. YONGKI MAHENDRA Laki-laki 12
178 9937612294 MAGDALENA BAHAR Perempuan 12
179 9937612101 MARDAN NUGRAHA Laki-laki 12
180 9936758156 MARINDA SARI Perempuan 12
181 9937612304 MARISA OKTAVIANI Perempuan 12
182 9938132314 MAYA NOVIANI Perempuan 12
183 9938132317 MAYA NOVIANTI Perempuan 12
184 9936970350 MAYA SEPTA ANGGRAINI Perempuan 12
185 9938171894 MEDIANSA Laki-laki 12
186 9915192468 MEGA RIA PISKA Perempuan 12
187 9936970053 MEIDIAN ADHA PUTRA Laki-laki 12
188 9936758218 MELIA TRYANA Perempuan 12
189 9937612144 MELYSA ROSMALINA PANJAITAN Perempuan 12
190 9948450828 MERI APRIANI Perempuan 12
191 9938114218 MESY RATNAKAYANI Perempuan 12
192 9947691470 META ANGGRENY Perempuan 12
193 9936758086 MIA FRANSISKA SARI Perempuan 12
194 9927150453 MIFTAKHUL JANAH Perempuan 12
195 9926533725 MIRZAN FAKSI Laki-laki 12
196 9936970141 MONICA CICILIA Perempuan 12
197 9936970380 MUAMMAR PHATALA Laki-laki 12
198 9937612233 MUHAMAD AGUS ALAMSYAH Laki-laki 12
199 9947471083 MUHAMAD ICHSAN BAROKAH Laki-laki 12
200 9948450865 MUHAMMAD AJI PRADANA Laki-laki 12
201 9937612232 MUHAMMAD RIKI AGUSTIAN Laki-laki 12
202 9948450779 MUHAMMAD ROBIN SIREGAR Laki-laki 12
203 9937612329 MUHAMMAD ROZI Laki-laki 12
204 9937612160 NADIA JUNIARTI Perempuan 12
205 9937612265 NASRUL MUKMININ Laki-laki 12
206 9948357331 NIKEN HELEN. C Perempuan 12
207 9937612140 NINA KARMILA Perempuan 12
208 9936970293 NIRA PUTRIANI Perempuan 12
209 9927150917 NOMI PALISKA Perempuan 12
210 9936970383 NOPA DIANTI Perempuan 12
211 9937612326 NOPIARTI Perempuan 12
212 9937612082 NORMAN PRABOWO Laki-laki 12
213 9936792055 NOVI APRIANSYAH Laki-laki 12
214 9937098079 NOVI ARESKA Perempuan 12
215 9937612315 NOVITA SARI Perempuan 12
216 9937612312 NOVRITA DWI KURNIA Perempuan 12
217 9930385983 NUGRAHA KARTA SAMITA Laki-laki 12
218 9927938420 NURHASANAH Perempuan 12
219 9937612298 NURMILLAH Perempuan 12
220 9937612128 NURUL HIKMAH Perempuan 12
221 9936979569 OCKTA NOVITA SARI Perempuan 12
222 9937597030 OKA NANDA FRADIPTA Laki-laki 12
223 9937612295 OKTARIAWAN PUTRA Laki-laki 12
224 9941265216 OLIN DRIANI Perempuan 12
225 9937612244 ONNY DARIS KIMARTA Laki-laki 12
226 9936970318 OVITA DAMAYANTI Perempuan 12
227 9948450931 P. HERA MAYANG SARI Perempuan 12
228 9948450744 PENI HAMIDA Perempuan 12
229 9937612276 PENNI KARUNIA Perempuan 12
230 9937612178 PERIANSYAH Laki-laki 12
231 9936758203 PERMATA SARI YUISRO Perempuan 12
232 9937612175 PIPIN KESUMARIANI Perempuan 12
233 9937612528 PISI ANGRIANI Perempuan 12
234 9936758159 PRAYOGA IMAN DINATA Laki-laki 12
235 9937612250 PUSPA MANORA Perempuan 12
236 9937612538 PUSPITA SARI Perempuan 12
237 9948450834 PUTRI ANDANI Perempuan 12
238 9948450839 PUTRI AYU RATNASARI Perempuan 12
239 9938599211 Priska Saputri Perempuan 12
240 9936758287 RAHAYU DWI SAPUTRI Perempuan 12
241 9926533750 RAHMI UTAMI Perempuan 12
242 9921000789 RAMAH LILIANI Perempuan 12
243 9938112033 RANDI SUGANDA Laki-laki 12
244 9927150946 RANI ERNIDA Perempuan 12
245 9937612143 RATI PURNAMA SARI Perempuan 12
246 9937873629 REKON PURNAWAN Laki-laki 12
247 9936970356 RENDI OKPALDI Laki-laki 12
248 9937612236 RENI SOFYANA Perempuan 12
249 9930383939 RESI APRIANTI Perempuan 12
250 9948450761 RETRI LIYANDITA Perempuan 12
251 9937612073 REZA TRIANSYAH Laki-laki 12
252 9937612334 RICKY ALFIRIAN Laki-laki 12
253 9948450861 RICKY PARADILA SANDY Laki-laki 12
254 9937612162 RIDWAN Laki-laki 12
255 9937612313 RIDWAN ANGGA SAPUTRA Laki-laki 12
256 9936970315 RIKA YULIANTI Perempuan 12
257 9936970247 RIKKI ARNIUS Laki-laki 12
258 9936970344 RIO WARISMAN Laki-laki 12
259 9948991965 RISKA Perempuan 12
260 9936959998 RISKA JANUARTI ISMAIL Perempuan 12
261 9937612218 RISKA NOVIANI Perempuan 12
262 9936891403 RIZA AGUSTIAN ASAN Laki-laki 12
263 9948450807 ROBBY PRAYUDA Laki-laki 12
264 9927354620 ROBEN OKTARIZA Laki-laki 12
265 9927150944 ROCHIM NUGROHO Laki-laki 12
266 9947355773 RODIYATINI Perempuan 12
267 9936970371 ROZAH OKTAVIANI Perempuan 12
268 9936758108 SANTIKA PUSPITA SARI Perempuan 12
269 9936970426 SARI PURNIGA Perempuan 12
270 9937090014 SARMANDO HUTABARAT Laki-laki 12
271 9937612273 SEFTIAN PENDRI Laki-laki 12
272 9936970398 SELI ANDRIANI Perempuan 12
273 9947595450 SELVIANI Perempuan 12
274 9936891410 SEPTI ANGGRIANI Perempuan 12
275 9936758137 SEPTI ROHANI Perempuan 12
276 9938132305 SEPTIAN AGUNG EKO PRASETYO Laki-laki 12
277 9937612249 SEPTY DARMARIANNI Perempuan 12
278 9937612093 SERI HARYANI Perempuan 12
279 9936970465 SHELLIA DARMA Perempuan 12
280 9937090062 SHELLY ARIANDY Perempuan 12
281 9936891434 SHERLI FITRIANI Perempuan 12
282 9927813258 SILVI SUSANTI Perempuan 12
283 9930061561 SINTA WULANDARI Perempuan 12
284 9916591269 SINTALIA Perempuan 12
285 9936970362 SISCA OKTAVINY Perempuan 12
286 9947835874 SISKA PERMATASARI Perempuan 12
287 9948450959 SRI AGUSTINA Perempuan 12
288 9947691394 SURYA FEBRIANI Perempuan 12
289 9938818762 SUSANTO Laki-laki 12
290 9937612306 SUSI DAMAYANTI Perempuan 12
291 9936970298 SUSILAWATI Perempuan 12
292 9926533732 TANTRI PUSPASARI Perempuan 12
293 9937612215 TIARA HARDYANTI UTAMA Perempuan 12
294 9948450871 TIARA MEYDIA ANDINI Perempuan 12
295 9927598811 TITIK BADRIAH Perempuan 12
296 9927150955 TONDI HARAHAP Laki-laki 12
297 9937611487 TRI MEIRIAN PURNOMO Laki-laki 12
298 9937090065 TRI OKTAVIANI Perempuan 12
299 9948450771 TRI RAHMAWATI Perempuan 12
300 9937612268 TRI SEPTIANI Perempuan 12
301 9948450845 TRI SETYO BUDI Laki-laki 12
302 9927150959 TRI UTARI Perempuan 12
303 9927099157 TRIGUSTIANI Perempuan 12
304 9947691166 TRY MEI LINDA Perempuan 12
305 9937612231 ULANDARI HANDAYANI Perempuan 12
306 9948451298 UNTUNG RIANSYA ANUGRAH Laki-laki 12
307 9937079465 UNTUNG SUWANDO Laki-laki 12
308 9936970012 USWATUN HASANAH Perempuan 12
309 9936970024 VALESKA HERNANDES Laki-laki 12
310 9936970121 VENA TIRTASARI Perempuan 12
311 9937612115 VINNY TIARA PRADINDA Perempuan 12
312 9937090033 WAHYU SATRYA Laki-laki 12
313 9947691440 WAHYU SYAHPUTRA SIREGAR Laki-laki 12
314 9937612301 WAHYUNITA Perempuan 12
315 9936970355 WANTO FIRNANDI Laki-laki 12
316 9936970273 WELYANA SUSANTI Perempuan 12
317 9915192469 WIDIA NINGSIH Perempuan 12
318 9948590033 WILIA ARDAYANTI Perempuan 12
319 9937612337 WINDA AMELYA Perempuan 12
320 9938172280 WINDIKA Perempuan 12
321 9938557361 WULAN PURNAMA Perempuan 12
322 9936792112 YELLA MERLITA Perempuan 12
323 9948450735 YENI HARYANI Perempuan 12
324 9945991570 YENI PALMASARI Perempuan 12
325 9920759910 YESSI MALINDA Perempuan 12
326 9937612517 YETI APRIANTI Perempuan 12
327 9938111965 YEVEN PRAMANA PUTRA Laki-laki 12
328 9936758534 YEVI NABELA Perempuan 12
329 9938473479 YOGI ARSENO LERY Laki-laki 12
330 9937612150 YOKKI BANGKIT SATRIA Laki-laki 12
331 9936970343 YOLANDA CILVIA Perempuan 12
332 9937612275 YOS FERDI ARDIANSYAH Laki-laki 12
333 9937612153 YOSI MEILIN Perempuan 12
334 9937612182 YUDHIS PRATHAMA Laki-laki 12
335 9948997789 YULI ASTUTI Perempuan 12
336 9936970304 YULIA ANGGRAINI Perempuan 12
337 9938557336 YUNIARTI Perempuan 12
338 9937873595 YUNITA ASRIANI Perempuan 12
339 9936758178 YUSMA Perempuan 12
340 9930061536 Yudi Setiadi Laki-laki 12Sumber :http://lahat.dapodik.org/sekolah.php?data=alumni&npsn=10601348&alumni=baru&limit=100&hal=1